30 masalah yang paling umum pada smartphone Android
30 masalah yang paling umum pada smartphone Android
Berikut ini adalah 30 masalah yang paling umum pada smartphone Android, mulai dari masalah dari sisi software maupun hardware nya. Selamat membaca.
1. Bagaimana cara menghentikan ponsel Android saya menggunakan data saat di luar negeri ?
Salah satu pilihan adalah aplikasi pihak ketiga yang disebut APNdroid , yang memungkinkan Kita menonaktifkan semua koneksi data melalui widget pada homescreen Kita. Aplikasi ini membuat mengubah pengaturan ini jauh lebih cepat daripada menggunakan pengaturan default Android pada panel Setting dan dapat berperan sebagai pengingat ketika Kita melakukan perjalanan berikutnya ke luar negeri .
2. Ponsel Android saya telah “hang” dan tidak merespons
Sebuah reset biasanya akan dapat memecahkan masalah tersebut , tapi ada metode yang berbeda untuk ponsel yang berbeda . Fast Reboot adalah sebuah aplikasi yang akan melakukan pekerjaan untuk Kita dengan mensimulasikan proses soft reset dan menutup proses yang berjalan dengan satu tap .
3. Saya tidak bisa men-download aplikasi Android dari Google Play ?
Beberapa aplikasi memang dirancang untuk resolusi layar tertentu dan dengan demikian tidak tersedia pada semua ponsel. Ponsel Android high-end cenderung untuk mendukung lebih banyak aplikasi, tetapi ponsel yang berbentuk lanskap kadang-kadang memiliki masalah dengan permainan dan apliksai tertentu.
4. Wi – Fi smartphone saya sudah aktif tapi tidak dapat konek ke internet
Masuk ke menu Wireless & Networks / Wi – Fi Settings dan tekan tombol menu . Pilih ‘Advanced ‘ dan mengubah sleep policy untuk ‘ Never’ . Hal ini tampaknya untuk memecahkan masalah bagi kebanyakan orang yang memiliki masalah menjaga koneksi Wi – Fi hidup .
5. Mengapa saya terus kehabisan memori ?
Ada banyak alasan untuk masalah ini , tapi seringkali masalah ini disebabkan cache terlalu penuh. Cache ini secara otomatis dibuat oleh aplikasi yang kita jalankan untuk memungkinkan efisien menjalankan aplikasi. Aplikasi seperti Clean Master memungkinkan Kita membersihkan cache untuk aplikasi tertentu untuk membebaskan memori . Kita dapat juga menyimpan aplikasi di SD Card dan bukan di memory smartphone kita.
6. Tagihan internet saya membengkak. Bagaimana saya bisa memonitor penggunaan data saya ?
My Data Manager adalah solusi yang sangat baik untuk memantau persis berapa banyak data yang Kita telah gunakan . Aplikasi ini memberikan notifikasi ketika Kita mencapai tingkat tertentu dan akan membantu untuk memastikan bahwa tagihan internet Kita tidak akan membengkak lagi.
7. Keyboard ini sangat sulit untuk digunakan
Default Keyboard Android memang tidak mudah untuk digunakan , tetapi ada alternatif yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia . SlideIt adalah salah satu contoh yang memungkinkan Kita mengetik tanpa pernah menghapus jari Kita dari layar , cukup geser jari Kita di antara huruf dan melihat keajaiban terjadi . Kemudian alternatif lainnya adalah Swype, yang juga adalah salah 1 keyboard Android yang paling digemari.
8. SD card saya tidak terbaca
Kartu ekspansi bisa rusak dan solusi yang paling efektif adalah mencoba untuk memformat mereka menggunakan desktop atau laptop PC . Menggunakan file explorer stkitar , Kita dapat klik kanan dan pilih opsi format. Solusi ini cenderung untuk bekerja lebih baik daripada mencoba untuk memformat pada smartphone itu sendiri .
9. Layar saya sulit untuk melihat di bawah sinar matahari terik.
Pilihan terbaik adalah untuk mencari pelindung layar ‘ anti – silau ‘. Pelindung layar anti silau cenderung lebih kuat dari pelindung stkitar , tetapi akan mengurangi jumlah silau pada layar saat kondisi cahaya ekstrim . Sayangnya tidak ada solusi lengkap untuk ponsel yang meliputi layar tidak mudah dilihat di bawah sinar matahari yang terik .
10. Beberapa game berjalan sangat lambat pada telepon saya
Beberapa ponsel yang memiliki harga yang relatif murah memiliki prosesor yang lambat, sehingga seringkali menyebabkan aplikasi berjalan lambat atau bahkan berhenti di tengah permainan. Solusi terbaik adalah untuk menguji telepon sebelum Kita membelinya, dan bisa sulit untuk mengatakan hanya dari spesifikasinya saja. Namun demikian, saat ini cukup banyak smartphone dengan harga 1 jutaan yang memiliki spesifikasi yang lumayan oke. Saya sendiri memiliki Cross A7S dan Cross A27, yang mana Cross A27 saya sering saya gunakan untuk mendownload game – game. Namun demikian memang tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua jenis game dapat dimainkan dengan lancar.
11. Bagaimana cara menghapus aplikasi?
Pergi ke Settings / Applications / Manage Applications kemudian pilih aplikasi yang ingin Kita uninstall. Sekarang tekan ikon Uninstall. Jangan lupa untuk menjalankan aplikasi pembersih Cache apabila Kita selesai uninstall aplikasi tersebut, karena seringkali aplikasi yang sudah kita uninstall masih meninggalkan file – file nya.
12. Layar saya telah retak, apakah saya harus membeli telepon baru?
Sebagian besar ponsel populer memiliki bagian-bagian yang tersedia dari berbagai pemasok yang dapat Kita install sendiri. Proses untuk mengganti layar tidaklah mudah sehingga Kita perlu melakukan penelitian dahulu sebelum Kita membeli.
13. Ketika layar terkunci, loading lama sekali ketika memasukkan password
Dalam Settings / Security / Set up screen lock, Kita dapat memilih untuk memasukkan pola kunci selain password yang tidak hanya lebih cepat, tapi jauh lebih aman.
14. Lokasi saya tidak selalu akurat dalam peta?
Pergi ke Settings / Location dan pastikan bahwa pilihan Use GPS satellites’ dicentang. Ini akan memastikan akurasi yang jauh lebih besar ketika menavigasi.
15. LED berkedip sangat menjengkelkan!
Sangat mudah untuk menghentikan pemberitahuan LED pada ponsel Android kebanyakan. Cukup pergi ke Settings / Display / Notification flash dan hilangkan centang pada semua opsi.
16. Bagaimana cara menghapus smartphone Android saya hingga bersih sama sekali ?
Cara terbaik adalah dengan menggunakan opsi Factory Data restore dengan mengakses menu Settings / SD & Phone Storage. Untuk memastikan bahwa segala sesuatunya sudah dihapus, silahkan lakukan proses restore ini 2x.
17. Mengapa saya tidak bisa menggunakan Google Play di tablet saya ?
Hal ini sangat mungkin dikarenakan versi Android yang terdapat pada tablet Anda sudah terlalu lama sehingga perlu diupgrade, atau karena hardware dari Tablet Anda terlalu lambat untuk dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.
18. Beberapa buku Kindle saya terlihat kacau di tablet Android saya
Ini bisa terjadi karena Anda menggunakan ROM kustom di tablet / smartphone Android Anda. Provider dari ROM yang Anda gunakan mungkin memiliki solusinya, namun bila tidak, maka Anda terpaksa harus kembali menggunakan ROM standard untuk dapat membaca buku Kindle Anda dengan baik.
19. HP saya tercebur ke dalam air
Baru – baru ini teman saya mengalami kejadian seperti ini. HP nya terjatuh ke dalam septik tank ketika ia sedang mandi , untungnya septik tank tersebut belum berpenghuni
Nah apabila Anda mengalami hal serupa, segera cabut baterai HP Anda secepat mungkin dan keringkan menggunakan hair dryer. Namun Anda harus hati – hati ketika mengeringkan dengan hair dryer, karena banyak komponen dalam HP Anda yang mudah meleleh. Sebaiknya hindari penggunaan hair dryer terlalu dekat ke HP Anda. Lalu tinggalkan dengan baterai terlepas selama 72 jam di tempat kering, setelah itu cobalah nyalakan kembali HP Anda.
20. Dapatkah saya membuat teks di smartphone Android saya lebih besar ?
Tentu bisa, Anda dapat menekan tombol Menu, lalu mengakses Setting -> Display -> Font Size. Sedangkan untuk aplikasi 3rd party, biasanya masing – masing aplikasi tersebut memiliki menu pengaturan sendiri – sendiri di dalam aplikasinya.
21. Dapatkah saya melakukan update aplikasi secara otomatis ?
Ya, Anda dapat masuk ke Google Play, lalu masuk ke bagian Setting -> Auto-update Apps. Namun sebaiknya hanya gunakan ini untuk aplikasi yang pengembangnya terpercaya, karena sangat berbahaya apabila ternyata yang di-update adalah virus.
22. Ke mana perginya aplikasi – aplikasi yang sudah saya beli ?
Apabila Anda mengganti HP, kemudian melakukan recover email gmail Anda di HP baru Anda dan aplikasi – aplikasi Anda tidak muncul, periksalah apakah aplikasi yang Anda beli tersebut kompatibel dengan HP baru Anda. Apabila aplikasi – aplikasi Anda tidak muncul setelah update sistem, Google Play mungkin saja melihat bahwa HP Anda tidak terasosiasikan dengan akun Gmail Anda . Ini adalah saat yang paling tepat untuk menghubungi tim support Google Play.
23. Bagaimana saya bisa mengatur usia minimum untuk aplikasi ?
Di Google Play, tekan tombol menu. Pilih Settings lalu Content Filtering. Sekarang Anda dapat menentukan aplikasi jenis apa yang dapat muncul di HP Anda.
24. Touchscreen saya tidak lagi akurat
Sangat sedikit ponsel Android yang memungkinkan Anda untuk mengkalibrasi layar. Ini berarti bahwa jika Anda mengalami masalah ini, Anda perlu mencoba soft reset, hard reset dan kemudian menghubungi pihak support (dalam urutan itu) untuk memperbaiki itu.
25. Saya ingin meyembunyikan histori pencarian saya
Anda dapat mmasuk ke www.google.com/history di browser ponsel Android Anda lalu login. Sekarang Anda dapat memilih untuk menghapus hasil pencarian dan mengatur agar Google tidak menyimpan histori pencarian Anda.
26. Bagaimana cara mengambil screenshot ?
Beberapa ponsel Samsung sudah menyediakan tombol untuk screenshot, biasanya masing – masing ponsel memiliki cara masing – masing. Tetapi apabila Anda tidak mau repot mencari tombol untuk masing – masing ponsel ( seringkali tombol berupa kombinasi, misalnya kombinasi volume dan tombol menu ), Anda dapat download aplikasi Screenshot Ultimate dari Google Play.
27. Bagaimana cara download musik langsung dari ponsel atau tablet saya ?
Amazon MP3, dari Google Play, adalah salah 1 contoh aplikasi yang bagus dan memungkinkan kita membeli dan install file MP3 langsung ke ponsel tanpa butuh PC
28. Saya tidak bisa upgrade OS Android saya ke versi terbaru
Sayangnya, memang tidak semua produsen ponsel mengijinkan update ke versi Android terbaru pada ponsel produksi mereka, tetapi ROM yang kustom seringkali memperbolehkan pengguna untuk update ke fitur terbaru.
29. Provider saya tidak memberikan saya akses tether ( menjadikan ponsel sebagai modem wi-fi )
Hal ini memang berlaku bagi beberapa provider, tetapi ada beberapa solusi yang dapat membantu. Anda dapat mencari di Google Play aplikasi untuk tether dengan mengetik kata ‘tether’ di kotak searching nya dan banyak juga aplikasi yang berfungsi menyamarkan ponsel Anda sehingga provider Anda tidak dapat tahu bahwa ponsel Anda digunakan untuk tethering. Bagaimanapun kami tidak menyarankan ‘masked tehtering’ atau menyamarkan tethering dan tidak menjamin kesuksesannya, tetapi memang terkadang aplikasi itu dapat bekerja.
30. Beberapa aplikasi saya tidak dapat diinstall di SD card saya
Memang agak merepotkan, tetapi Anda masih dapat memindahkan aplikasi manual ke SD Card menggunakan fitur Manage Application di menu Setting / Applications.
(sumber www.webwib.com)
No comments:
Post a Comment